Sabtu, 10 Desember 2011

Tentang Buniayu

        Buniayu adalah sebuah desa di Kecamatan Tambak,Banyumas,Jawa Tengah . Terletak di paling timur 
di Kabupaten Banyumas yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen. Sebagian besar penduduk desa Buniayu adalah petani.Buniayu dengan Kebumen dibatasi oleh sungai yang warga sebut sebagai kali ijo,memang kali ijo ini berwarna ijo atau hijau.
   Buniayu terdiri dari 4 wilayah bagian yaitu Guntur,Sigandu,Buniayu,Bengkek.Dri ke empat wilayah(Grumbul0 wilayah yang tergolong maju adalah Sigandu dan bengkek karena sebagian jalan-jalan sudah diaspal karena dilewati jalur utama yang menghubungkan kejalan raya,jalan ini mempermudah akses ke balai desa.Sedangkan wilayah Guntur tergolong kurang maju dan sebagian besar wilayah guntur adalah persawahan.Wilayah/grumbul buniayu juga cukup maju
      Dengan luas persawahan yang menyebar di sekeliling desa, rata-rata panen padi di Desa Buniayu adalah 2 kali per tahun dan diikuti dengan penanaman palawija.
      Desa Buniayu di apit oleh 2 sungai kecil, Sungai Ijo dan Sungai Manggis. Terowongan Ijo yang pernah di pakai sebagai lokasi syuting film Kereta Api Terakhir hanya berjarak sekitar 50 meter dari tepi timur Desa Buniayu.
           Ada 3 SDN (Sekolah Dasar Negeri 1 sampai 3) dan 1 TK serta 1 SMP Swasta di Desa Buniayu dan juga ada Pondok Pesantren dan 5 Masjid Jami'e di Desa Buniayu. Prestasi anak-anak Sekolah dari Desa Buniayu cukup membanggakan di tingkat Kecamatan Tambak hingga Tingkat Kabupaten Banyumas dan salah satu SDN favoritnya dengan prestasi yang cukup menonjol adalah SDN Buniayu 1. SDN Buniayu 3 juga lumayan bagus, sering memberikan andil dalam prestasi anak-anak didiknya.itu terbukti dari lulusan anak didik SDN Buniayu 3 masih bisa bersaing di sekolahan yang lebih tinggi di SMP/SMA. Desa Buniayu merupakan desa yang berpotensi dilihat dari segi pertaniannya. Sebagian besar pemuda Desa Buniayu adalah perantau yang tersebar di seluruh Indonesia terutama di Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota besar lainnya di Sumatra, Kalimantan dan Bali juga di luar negeri.

SD Negeri Buniayu 3
SMP Islam Tambak

SD Negeri Buniayu 2
SD Negeri Buniayu 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar